Semua dipelajari mulai dari ilmu yang paling dasar

Rabu, 04 Agustus 2010

Pengenalan Microsoft Visual Basic 6.0

14.28 Posted by fajar 1 comment
1.Menu
Menu, merupakan daftar perintah-perintah yang dikelompokkan dalam kriteria tertentu yang berfungsi untuk melaksanakan sebuah perintah. Visual Basic 6 terdapat tiga belas menu utama yaitu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-In, Windows dan Help.
2.Toolbar
Toolbar, merupakan kumpulan tombol yang dapat melakukan sebuah perintah dengan cepat. Fungsi toolbar hampir sama dengan menu hanya toolbar berbentuk tombol-tombol yang susunannya tidak secara bertingkat. Contoh toolbar tersebut antara lain Add Form, Menu Editor, Save, Cut, Copy dan lain sebagainya.
3.Form Designer
Pada form design ini adalah tempat kita merancang user interface (antar muka pemakai). Untuk menampilkan layar ini dapat mengklik pada tombol Design View (no. 9) atau dengan menekan tombol Shift + F7. Pada bagian kanan atas form terdapat tombol Minimize, Maximize/Restore dan Close yang digunakan untuk mengatur tampilan jendela form.
4.Code View
Code view, digunakan untuk menampilkan layar koding (window code). Selain meng-clik code view, layar koding dapatpula ditampilkan dengan menekan tombol F7. Window Code adalah jendela tempat menuliskan kode program. Semua kode perintah ditulis pada jendela ini. Pada bagian Window Code terdapat fasilitas kode editing yang cukup lengkap.
5.Toolbox
Toolbox adalah kumpulan objek yang digunakan untuk kontrol pada sebuah program. Di sinilah tempat komponen-komponen yang disediakan untuk merancang user interface. Masing-masing komponen memiliki ciri dan kegunaan masing-masing. Komponen kita gunakan sesuai kebutuhan kita. Toolbox terdiri atas beberapa tool yang kemudian ditempatkan pada sebuah form. Toolbox terdiri dari Pointer, Label, Image, Frame dan lain sebagainya.
6.Project Explorer
Project Explorer digunakan untuk melihat bagian-bagian proyek pembuatan aplikasi. Bagian-bagian tersebut dapat berupa project, form, data environment dan data report. Project Explorer ini berbentuk menu tree sehingga mempermudah dalam pengaksesannya. Pada jendela explorer terdapat tiga tombol kontrol tampilan antara lain Window Code untuk menampilkan kode, Window Project untuk menampilkan dalam bentuk visual dan Toggle Folder untuk pengelompokan jenis objek.
7.Windows Properties
Window Properties menampilkan semua properti dari obyek yang digunakan. Property adalah data-data atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu objek komponen. Kita dapat mengubah setiap properti dari objek yang ada melalui jendela ini.
8.Windows Form Layout
Windows Form Layout digunakan untuk mengatur letak form pada layar monitor.
9.Design View
Design View digunakan untuk menapilkan form designer.

1 komentar:

  1. Posting donk, Pengenalan VB.Net 2005 berikut cara membuat sebuah aplikasi sederhana. Thanks

    BalasHapus